Minggu, 11 Desember 2011

Cara Mengapus atau Rename Geodatabase di ArcCatalog

ArcCatalog merupakan salah satu tool dalam ArcGIS yang berfungsi untuk mengelola geodatabase yang kita miliki. ArcCatalog ini sangat membantu dalam menyimpan file dalam struktur logis dan membuat kategori dalam file-file tersebut dengan jelas. 
Peringatan bahwa geodatabase saya di kunci
Selama ini saya menggunakan ArcCatalog untuk menyimpan file yang telah di analisa dan diberi informasi yang sudah final. Namun kemarin saya menemukan sebuah masalah yang selama ini belum pernah saya alami yaitu salah memasukkan file yang belum final ke ArcCatalog. Saat itu saya langsung ingin menghapus file tersebut dengan cara klik menu delete seperti biasa. Namun bukan berhasil di hapus justru muncul sebuah peringatan bahwa geodatabase saya dikunci. seperti gambar disamping.

Geodatabase di lihat dari windows explorer, perhatikan file type  LOCK

Peringatan itu juga muncul ketika saya mencoba untuk "rename" dan mencoba mengedit dengan cara lain. Jujur saya sudah hampir frustasi dibuatnya. 

Kemudian terfikir oleh saya untuk memasuki file geodatabase saya dengan Windows Explorer walaupun gak tahu mau berbuat apa dengan melakukan hal tersebut selain hanya untuk melihat-lihat saja. Jujur saya sendiri tidak terlalu tahu banyak ketika melihat-lihat file disana karena isinya hanya file-file yang saya tidak mengerti seperti gambar di samping.

Namun tiba-tiba saya melihat file yang berekstensi .lock. Saya langsung berfikir apakah file ini yang membuat file data base saya terkunci?
Saya langsung segera mem-back up file geodatabase saya di lokasi lain dan menghapus file .lock tersebut. Setelah itu saya kembali ke ArcCatlog untuk mengapus dan merename beberapa feature dan berhasil!!!

Jadi buat  kawan-kawan yang ingin meng-unlock file geodatabase-nya agar bisa mengapus dan merubah nama file geodatabase hapus saja file berkekstensi .lock melalui windows explorer. 


Namun saya sarankan agar itu menjadi langkah darurat saja, jadi bagi yang file geodatabasenya tidak bermasalah saya sarankan untuk tidak menghapus ekstensi tersebut. 

1 komentar: