Jumat, 17 Februari 2012

Savanna di Sumatera Barat


Perjalanan ku saat ini menghantarkanku ke perbatasan anatara Sumaetra Barat dan Sumatera Utara, tepatnta di Rao, Pasaman Timur. Rao, yang katanya merupakan negeri Tuanku Rao yang berasal dari Malaysia yang berperang melawan Belanda, merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sumatera Barat. Letaknya yang berbatasan dengan sumatera Barat, menjadikan daerah ini juga banyak di huni oleh suku Batak selain suku Minang.
Tidak banyak yang bisa gue ceritakan dari perjalanan Padang-Rao yang memakan waktu hampir satu hari pebuh itu. Rute yang gue lewati adalah Padang-Bukittinggi-Lubuk Sikaping-Rao. Sebelum tiba di Rao, gue melewati Taman Wisata Rimbo Panti yang pernah gue tulis sebelumnya dan di sambut hamparan Sawah dan kolam ikan yang sangat luas. Selain sawah, daerah Panti dan Rao juga  sebagai salah satu penghasil ikan kolam terbesar di Sumatera Barat.


Saat memasuki kawasan Rao tepatnya Rao mapatunggul, gue sangat heran dengan bukit-bukit yang gundul di kawasan itu. Untuk melihat lebih dekat dan view di sana, gue pun akhirnya memutuskan untuk mencari jalan ke atas bukit dan terlihatnya sebuah savanna yang sangat luas dan indah. Namun karena hari yang telah sore dan hampir gelap, gue gak nemuin satu orang pun yang bisa gue ajak berbincang mengenai kawasan tersebut. Gue pun ingin meilihat lebih jauh dan setelah hampir 1 Km dari jalan raya, gue menemukan kawasan itu juga telah mulai di olah oleh masayarakat sebagai kebun karet, cabai dan lain-lain. Walaupun gue gak lama karena hari yang telah mulai gelap, keberasaan savanna itu cukup membuat gue takjub. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar